Program

BUILD berfokus pada pendirian taman baca sebagai upaya peningkatan budaya minat baca untuk anak anak di pelosok desa Banten. Hal pertama yang ISBANBAN Foundation lakukan dalam membantu pendidikan anak di desa adalah dengan membangun sebuah taman baca sebagai pusat belajar dan membaca bagi anak-anak di desa. Dengan berdirinya sebuah taman baca, anak-anak dapat berkumpul untuk bersama mencari wawasan baru dari buku bacaan. Taman baca juga digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar setiap hari minggu yang dilakukan relawan kepada anak- anak di desa. Sejak 10 Februari 2013 dinyatakan sebagai hari lahir ISBANBAN Foundation dengan didirikannya taman baca pertama ISBANBAN di Kp. Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang – Kabupaten Serang, Banten. Sampai saat ini ISBANBAN Foundation telah memiliki 14 taman baca yang tersebar di 7 kabupaten/kota se- Banten dan lebih dari 2000 koleksi buku di 14 taman baca yang kami dirikan.

Mendirikan sebuah taman baca diperlukan sebuah gerakan donasi buku yang kami namakan ‘’Gerakan Berbagi Buku’’, sebuah program penggalangan donasi buku dalam rangka meningkatkan budaya minat baca anak anak desa dan mendorong wawasan anak yang lebih luas.

TEACH berfokus pada pengajaran setiap hari minggu yang dilakukan oleh relawan muda usia 18 - 25 tahun kepada anak anak di desa binaan ISBANBAN Foundation. Program ini dinamakan Minggu Belajar. 3 Konten utama minggu belajar mengarah kepada :

  1. Wawasan dan Pendampingan Pencapaian Mimpi Anak
  2. Kreatifitas dan Pengembangan Potensi Diri Anak
  3. Peningkatan Kemampuan Akademik Anak

Program Minggu Belajar telah dilaksanakan sejak ISBANBAN Foundation berdiri pada tahun 2013. Selama 5 tahun program berjalan, telah turut serta 642 relawan muda yang pernah turun ke desa untuk mengajar 455 anak –anak di 14 titik desa binaan ISBANBAN Foundation. Program Minggu belajar dirancang untuk mencapai terciptanya akses terhadap informasi, keterampilan dan wawasan anak anak di pelosok desa Banten.

SUPPORT berfokus pada pemberian beasiswa bagi anak anak yang lemah dalam ekonomi namun memiliki potensi diri untuk dikembangkan. Program ini dinamakan ISBANBAN Dream Scholarship atau disebut I DREAMS.

Beasiswa diberikan dalam bentuk dana bantuan biaya sekolah, pembelian seragam dan peralatan sekolah, serta pembiayaan buku pelajaran sekolah. harapannya anak penerima beasiswa yang kami sebut I Dreams scholars dapat terbantu berbagai kebutuhan sekolahnya dan harapan besarnya dapat melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi. Selain pemberian dana beasiswa, akan diberikan juga mentoring khusus persiapan lanjut sekolah yang meliputi kemampuan komunikasi, bersosialisasi sampai pada pelatihan penguasaan teknologi dan kewirausahaan. I DREAMS adalah upaya ISBANBAN Foundation untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah dan menurunkan tingkat putus sekolah di Banten. Tahun 2018 terdapat 10 anak akan dibeasiswakan hingga di jenjang Sekolah Menengah Pertama sampai 3 tahun.