7 Manfaat Menjadi Relawan yang Wajib Kamu Tahu

2017-01-02 00:00:00 // by Administrator

Untuk menjadi pemuda yang produktif, ternyata kita tidak cukup hanya rajin membaca buku dan mengikuti pembelajaran di kelas. Selain itu, kamu juga perlu membentuk kepribadian dengan belajar bersosialisasi. Salah satu caranya kamu bisa menjadi relawan. Namanya juga relawan. Artinya kamu adalah orang yang bekerja dengan suka rela tanpa mengharapkan imbalan. So, jangan ngerepin apapun seperti gaji ya ?

Namun, ada banyak nilai positif yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang relawan, karena bahagia bukan hanya tentang uang,loh. Nah, berikut alasan yang bisa membuatmu yakin buat terjun menjadi relawan.

 

1.Menjadi Relawan Bisa Memperluas Pergaulanmu, Karena Kamu Bakal Punya Kesempatan Untuk Mengenal Orang-Orang Baru.

D:\RAIMEIDI\Saranghaeyo\isbanban\14706859_1217784988296418_8642848792238127734_o.jpg

Biasanya, organisasi yang membuka rekrutmen relawan tidak mensyaratkan hal-hal yang spesifik, syarat mutlaknya adalah dia yang mau berkontribusi dan belajar. Jadi, kamu bisa mulai masuk dan menemukan teman-teman luar biasamu disana. Kamu bisa memperluas pergaulanmu dengan berkenalan dengan orang-orang dari background yang berbeda. Kamu bakal menemukan orang – orang IT yang jago ngutak – ngatik web, kamu juga bakal nemuin orang pendidikan atau guru muda, dan tentunya kamu bisa belajar banyak dari mereka semua.

2. Dengan Menjadi Relawan, Kamu Bisa Merasakan Pengalaman Baru Yang Sebelumnya Belum Pernah Kamu Tahu.

D:\RAIMEIDI\Saranghaeyo\isbanban\12378028_994978367207920_8006218375046813480_o.jpg

Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan, karena akhirnya kamu merasakan gimana terjun langsung pada apa yang selama ini hanya kamu lihat di layar televise atau yang kamu baca di koran. Ketika kamu menjadi volunteer untuk mengajar di pelosok desa, kamu bakal merasakan kenapa adik – adik bahagia dengan kedatangan kita. Ketika kamu sibuk mencela pemerintah karena pendidikan yang kurang merata. Ketika kamu menjadi relawan, kamu bakal tahu gimana susahnya medan yang harus ditempuh untuk mengajar mereka membaca dan berbagai hal lainnya.

Menjadi relawan akan menjadikanmu pribadi yang lebih paham situasi lapangan, dan tidak mudah mengutuk keadaan.

3. Kamu Punya Kesempatan Lebih Mengenal Dirimu Sendiri Dan Lingkunganmu

D:\RAIMEIDI\Saranghaeyo\isbanban\IMG-20160119-WA0026.jpg

Relawan itu adalah kerelaan, kamu tidak dipaksa untuk melakukan ini dan itu. Kamu bisa mengenal dirimu sendiri, seperti apa sikapmu jika dihadapkan pada masalah-masalah yang ada di depan matamu. Selain itu, dengan terjun sendiri kamu juga jadi lebih tahu seperti apa lingkunganmu. Kamu belajar menjadi lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugasmu untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Selain kamu juga bisa mengenal dirimu,kamu juga bisa mengembangkan kemampuanmu. Ketika kamu menjadi relawan bencana, kamu menyadari, wah ternyata kamu punya bakat untuk menghibur orang, membuat anak-anak korban bencana bisa tersenyum bahagia. Dan menjadi relawan bisa membuat hobimu lebih berharga, seperti kamu yang suka menulis. Kamu bisa membuat cerita tentang mereka di blog mu, lalu publik pun tergerak hatinya untuk berdonasi dan peduli dengan berbagai ketimpangan yang terjadi.

4. Secara Kesehatan, Kegiatan Menjadi Relawan Baik Untuk Kesehatan Mental Lho. Karena Bisa Mengurangi Stres Dan Membuatmu Lebih Bahagia.

 

C:\Users\SAMSUNG\Downloads\impact relawan.JPG

Dalam dunia kesehatan, penelitian menyebutkan para lansia yang tetap meluangkan waktunya menjadi relawan akan mempunyai fungsi fisiologis tubuh yang menjadi lebih baik, awet mudah, dan lebih sehat. Namun, sebagian besar mereka sudah menjadi relawan sejak masih muda. Jadi, kesehatan yang mereka dapatkan diakibatkan dari rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu orang lain. Karena faktanya, berfikir positif akan mempengaruhi hormon dan membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas. Investasi yang cukup menggiurkan kan, kamu bisa mendapatkan kesehatan batin, baik dia masa muda atau di masa tua.

5. Menjadi Relawan Juga Menjadi Nilai Plus Untuk Prospek Kerjamu Nanti

 

C:\Users\SAMSUNG\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20160110-WA0030.jpg

 

Orang-orang yang menjadi relawan akan mendapatkan peluang berkarir lebih besar. Selain kamu mendapatkan networking yang luas, kamu juga mendapatkan nilai plus bagi para perekrut pekerjaan. Karena dengan menjadi relawan kamu dinilai cukup berkontributif dan tulus dalam bekerja. Selain itu, menjadi relawan juga akan menambah pengalamanmu dalam banyak hal, kamu berkesempatan untuk menggali informasi sebanyak banyaknya tentang minatmu.

Kamu ingin menjadi guru? Menjadilah relawan pengajar. Kamu berharap bisa kerja di bidang lingkungan? Kamu bisa ikut gabung relawan program restorasi hutan atau daur ulang. Selain itu, ini adalah kesempatan kamu untuk meningkatkan pengalaman kepemimpinan yang ingin dilihat oleh para rekrutmen pekerjaan.

6. Kamu Ingin Menggali Minat dan Bakatmu Lebih Dalam? Kamu Bisa Berkreasi Sepuasnya Di Kegiatan Ini.

 

D:\RAIMEIDI\Saranghaeyo\isbanban\IMG-20160221-WA0007.jpg

Terkadang kita merasa bosan dengan kegiatan yang monoton dan membutuhkan keseimbangan dengan aktifitas yang bisa membuat merasa santai dan berdaya. Menjadi relawan adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bakatmu dan mempelajarinya. Gak jarang kamu bakal nemuin hobi baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu suka dunia photography? Coba untuk merekam dan capture seluruh kegiatan kerelawanan yang kamu lakukan, lalu kamu bisa ikut berbagai perlombaan. Siapa tahu fotomu itu bisa membuat hati publik tergerak dan kamu bisa dilirik para photographer profesional. Karena secara tak langsung, kamu selalu melatih dirimu dalam hal tersebut, sehingga kemampuanmu mengalami kemajuan.

7. Dengan Menjadi Relawan, Kamu Jadi Tahu Bahwa Uang Bukanlah Segala-Galanya.

D:\RAIMEIDI\Saranghaeyo\isbanban\IMG-20160501-WA0003.jpg

 

Gak jarang, menjadi relawan bisa membuat pikiranmu menjadi terbuka, kamu belajar memahami perbedaan, kamu belajar untuk tulus menolong, berempati, dan tentu saja ini akan membentuk kepribadianmu lebih baik. Kamu belajar, bahwa terkadang bahagia itu bukan hanya soal uang, tapi bagaimana rasanya bahagia membantu orang lain, menciptakan akses pendidikan dengan hanya sekedar membawa buku bekasmu untuk adik – adik di pelosok desa. Itu sudah menjadi anugrah terindah untuk mereka

Pengen tahu rasanya menjadi bagian dalam event nasional bahkan event internasional ? Pengen tahu rasanya membuat tersenyum hanya dengan kamu mengajari mereka bagaimana membuat kreasi bunga dari kertas ? Kamu bisa mencoba menjadi relawan dalam banyak hal.

Menjadi relawan memang butuh komitmen dalam diri sendiri untuk mengabdi dan berkontribusi dengan merelakan waktu, tenaga, pikiran, dan jasa kita tanpa dibayar apa - apa. Semua itu bukan karena kamu tidak berharga, tapi karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan sejumlah uang.

Nah, masih belum yakin untuk menjadi relawan? Mulai sekarang kamu bisa mulai searching internet, atau mau berkontribusi untuk pendidikan Banten? Ayo,buat perubahan mulai dari kemauanmu dulu. Jangan hanya cuma mengutuk, sudah saatnya melakukan aksi yang pasti. Kamu bisa join di isbanban dengan kunjungi laman isbanban.org/recruitment. Dijamin, kamu tidak akan pernah menyesal untuk mengulurkan tangan dan memberi kebaikan

Selamat berkontribusi! Ingat, karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan uang.(rai)

Source: hipwee.com dengan edit dan penambahan

Foto: istimewa