Belajar Mencintai Budaya di Bulan Penuh Cinta

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 07 Februari 2016

Kp. Cempaka Salam

Pandeglang, Banten


Bulan Februari merupakan bulan penuh cinta. Ungkapan ini sudah menjadi ungkapan yang amat sering diucapkan oleh orang banyak, terutama di kalangan para remaja. Itu karena setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari Valentine atau sering disebut sebagai hari kasih sayang. Akan tetapi tahukah kalian bahwa untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang bukan berarti hanya dengan memberi setangkai bunga mawar atau cokelat bagi mereka yang memiliki pasangan, namun ada begitu banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang dan cinta itu sendiri. Baik itu untuk kedua orang tua kita, kepada kakak, adik, sahabat, guru, dan sebagian orang yang kita sayang.

Termasuk di Taman Baca Isbanban Chapter Pandeglang pada hari Minggu, 7 February 2016. Dimana para kakak pengajar yang datang, walaupun hanya 3 orang, mereka tetap semangat berbagi ilmu. Hari itu pembelajaran mengenai 'Kebudayaan Indonesia'. Para kakak pengajar menjelaskan tentang keberagaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anak-anak juga antusias menyimak pelajaran hari itu. Untuk menghilangkan rasa  penat, seperti biasa kegiatan belajar juga diselingi dengan adanya games. Dimana games ini juga tidak jauh dari materi yang diajarkan, yaitu menebak kebudayaan yang ada pada 33 Provinsi di Indonesia.

Di bulan yang penuh cinta ini mereka belajar bagaimana pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia. Karena mereka merupakan generasi penerus bangsa, khususnya di Provinsi Banten. Sekali lagi, menunjukkan rasa cinta tidak hanya kepada pasangan masing-masing, akan tetapi ada banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta itu sendiri dengan memperkenalkan, mempelajari, dan melestarikan kebudayaan bangsa ini kepada generasi muda sejak dini. Harapannya agar kebudayaan di Indonesia tidak hilang akibat tersingkirkan oleh perkembangan dan kemajuan zaman di era modern ini.


Penulis : Fina Septiani - Kakak Pengajar Isbanban Pandeglang, Jurnalis Dept. IT dan Media

Editor : Ghina Nabila - Jurnalis Dept. IT dan Media