Berprestasi di Bulan Maulid

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 18 Januari 2016

Kp. Cempaka Salam

Pandeglang, Banten


Perayaan Maulid Nabi atau yang biasa disebut “Muludan” di daerah Banten, adalah suatu tradisi yang biasa dirayakan oleh masyarakat Provinsi Banten khususnya untuk merayakan hari besar Islam yang jatuh pada tanggal 17 Rabiul Awal 1437 H (tahun Islam) atau tanggal 24 Desember 2015 (tahun Masehi). Hari ini Taman Baca Isbanban Chapter Pandeglang melaksanakan perlombaan dalam rangka merayakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Perlombaan ini ditujukan tak hanya untuk merayakan tradisi, melainkan anak- anak di taman baca juga diajak agar meningkatkan kreativitas dan bakatnya.

Perlombaan dimulai pada pukul 10.00 WIB, bertempat di Taman Baca Isbanban Chapter Pandelang, Kampung Cempaka Salam, Desa Saninten, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Perlombaannya beragam. Diantaranya ada lomba adzan, lomba pidato, lomba kaligrafi, dan hafidz Qur’an. Anak-anak sangat antusias dan bersemangat mengikutinya. Kebetulan juga chapter Pandeglang kedatangan Project Leader yaitu kak Panji Aziz Pratama, bersama kak Ervi Cahyatri dari Chapter Cilegon. Anak-anak juga terlihat senang dengan kedatangan kak Panji dan kak Ervi, karena memang mereka sudah lama tidak berjumpa dengan PO (Project Leader) satu ini.

Setelah selesai mengikuti lomba dan menerima hadiah bagi mereka yang memenangkan perlombaan, saya mengajak anak-anak untuk bermain di lapangan depan kelas karena nampaknya anak-anak terlihat bosan. Nama permainannya adalah Elang dan Induk Ayam. Bagi kalian yang sudah tidak asing dengan permainan ini pasti tahu cara memainkan games ini.  Bagi yang belum, begini tata caranya:

1. Anak-anak berjumlah 10-15 orang berbaris (jika semakin banyak yangikut maka akan semakin seru).

2. Salah satu dari mereka ada yang menjadi induk ayam, dan satu anaklagi menjadi elang.

3. Sang induk harus menjaga anak-anaknya agar tidak tertangkap si elangdengan cara merentangkan tangannya.

4.  Elang harus mengejar dan menangkap salah satu anak ayam yang dijaga oleh si induk. Jika tertangkap elang, dianggap gugur. Terus begitu sampai si anak habis tertangkap elang.

Adapun tujuan dari permainan ini adalah anak-anak belajar tentang kekompakan, dan strategi. Setelah selesai, kami berfoto bersama dan anak-anak pulang ke rumah masing-masing. Harapan setelah diadakannya perlombaan ini, semoga anak-anak mampu meningkatkan kemampuannya dalam bidang yang mereka minati dan mampu menilai akan tradisi perayaan maulid di desanya.