Evaluasi Pembelajaran

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 31 Januari 2016

Kp. Sanding

Kabupaten Lebak, Banten


Minggu pagi yang cerah di akhir bulan Januari. Tepatnya 31 Januari 2016. Hari ini akan diadakannya evaluasi matematika sebagai penutup di 'Bulan Matematika'. Sehari sebelumnya, Isbanban Chapter Lebak membuka list untuk para relawan yang akan mengajar di hari Minggu. Saat itu juga, beberapa relawan membuat soal yang akan dikerjakan oleh anak-anak.
 Seperti biasa, kendala kami ialah kendaraan. Sebenarnya minggu ini ada sekitar lima orang yang ingin mengajar. Namun karena keterbatasan kendaraan, jadilah hanya dua orang yang berangkat kesana. Teja dan Treshna.
 Kami berangkat ke Kp. Sanding, taman baca ISBANBAN Chapter Lebak sekitar pukul 08.11 WIB. Sistem yang kami gunakan ialah sistem ‘tinggal’. Bagi mereka yang terlambat akan ditinggal dan mereka boleh menyusul. Kami berdua menggunakan sepeda motor seperti biasanya. Di perjalanan, cuaca mendung sekali. Semakin mendekati Kp. Sanding, jalan pun semakin luar biasa dikarenakan lumpur akibat dari hujan kemarin. Beberapa kali Treshna turun dari motor agar tidak tergelincir.
 Sekitar satu setengah jam kemudian, kami tiba di Kp. Sanding yang selalu diiringi oleh sapa-salam anak-anak. Semua rasa lelah dan rintangan yang telah kami lalui pun terbayar oleh salam hangat mereka. Setibanya di taman baca –Madrasah Bani Hasanah- kami menuju rumah ustadz Wawan, pengelola madrasah Bani Hasanah tersebut. Kami bersalaman dengan istri beliau. Namun sayang, beliau sedang tidak di rumah, melainkan di Kantor Kecamatan. Kami disuguhi banyak makanan serta minuman. Kue tradisional, getuk goreng dan ketimus.
 Pukul 09.25 WIB kami tiba di rumah ustadz Wawan. Kami beristirahat sebentar.
 Pukul 09.30 WIB kami pun pergi ke Madrasah. Anak-anak telah berkumpul di ruang kelas. Mulai dari kelas 1-6 Sekolah Dasar. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, terlebih dahulu kami adakan ‘operasi semut’ untuk membersihkan ruang kelas.
 Kami memulai kegiatan dengan berdo’a terlebih dahulu. Soal pun dibagikan.
 Soal kelas 1 berisi perhitungan angka. Soal kelas 2 dan 3 berisi tentang soal cerita, penjumlahan dan pengurangan. Soal kelas 4 dan 5 berisi tentang perkalian. Soal kelas 6 berisi tentang perkalian, bagi kurung dan persen. Anak-anak tidak dilarang untuk bertanya kepada kakak pengajar, asalkan tidak menyontek hasil kerja temannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagian mana saja yang kurang dipahami anak serta mengajarkan untuk bersikap jujur.
 Sekitar pukul 11.00 WIB semua anak telah selesai mengerjakan soal. Banyak soal yang masih belum dimengerti oleh mereka. Itu akan menjadi evaluasi tersendiri bagi kami, ISBANBAN Chapter Lebak.
 Kami berdua pun kembali ke rumah ustadz untuk beristirahat dan berpamitan. Sekitar pukul 11.20 WIB, kami pun berpamitan. Kami kembali tiba di Rangkas sekitar pukul 12.30 WIB dan sholat terlebih dahulu di Mesjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung.