Frequently Asked Question (FAQ)

2017-01-02 00:00:00 // by Administrator

Tak terasa kita sudah berada di awal tahun 2017 dan akan memulai babak barun untuk kita bisa menjadi lebih baik lagi. Sudah buat daftar resolusi kamu di tahun 2017? Apakah salah satunya kamu pengen buaanget jadi salah satu relawan pengajar Isbanban? Dan tentunya menjadi bagian dari penggerak perubahan kualitas pendidikan Banten. Tapi, kamu bingung harus mulai darimana dan banyak banget pertanyaan di kepala kamu yang buat kamu penasaran ? eiits, ga usah khawatir. Lebih baik aku simak baik – baik tanya jawab berikut ini, siapa tahu salah satunya termasuk pertanyaan pribadi kamu.

Apa saja program Isbanban ?

  • Berbagi Buku

Bantu Anak Desa punya ruang belajardengan berbagi buku di taman baca Isbanban. Gerakan ini diciptakan untuk membangun akses pendidikan berupa taman baca berbasis literasi bagi anak desa untuk dapat mengakses berbagai buku bacaan dan meningkatkan minat belajar serta partisipasi anak dalam membaca. 

  • Minggu Belajar

Bantu anak desa bisa belajar dengan mendatangkan relawan muda Minggu Belajar merupakan gerakan pengajaran kreatif yang dilakukan oleh relawan kakak pengajar kepada 455 adik binaan di 8 desa yang berlokasi di 7 kabupaten/kota provinsi Banten. Dengan silabus pengajaran yang telah dirumuskan di awal tahun pengajaran Isbanban, memudahkan kakak – kakak relawan untuk mengajar dengan inovatif.

  • Beasiswa Belajar

Bantu anak desa melanjutkan pendidikannya dengan beasiswa Beasiswa Belajar merupakan beasiswa yang diberikan kepada anak-anak berpotensi yang berasal dari 8 desa binaan untuk mendapatkan akses pendidikan berupa beasiswa melanjutkan sekolah 

Siapa itu relawan Isbanban? 

Relawan Isbanban adalah anak muda usia 18 (telah menyelesaikan SMA/SMK sederajat) - 25 tahun yang berdomisili di provinsi Banten yang bersedia menjadi relawan pengajar Isbanban.  Relawan pengajar adalah anak muda yang bersedia untuk melakukan pengajaran setiap hari minggu di salah satu dari 7 (tujuh) chapter yang berlokasi di 7 kabupaten/kota provinsi Banten 

 

Bagaimana cara bergabung menjadi relawan Isbanban? 

Kamu dapat mengakses di recruitment.isbanban.org untuk melakukan pendaftaran online sebagai relawan. Lalu, setelah lulus administrasi kamu akan diwawancara langsung. Setelah itu, tunggu pengumuman akhirnya.

Apa saja mata pelajaran yang diajarkan di Isbanban? 

Setiap chapter Istana Belajar Anak Banten memiliki mata pelajaran yang diajarkan, diantaranya adalah: 

Chapter

Mata Pelajaran Minggu Belajar

Lebak

Bhs.Inggris, Bhs.Indonesia, Matematika, Kesenian + Pengembangan Bakat Anak

Pandeglang

Tematik + Pengembangan Bakat Anak

Kota Serang

Kesenian, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA + Pengembangan Bakat Anak

Kabupaten Serang

Kesenian, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia + Pengembangan Bakat Anak

Kabupaten Tangerang

Kreatifitas, Pola hidup sehat dan Sastra (sistem nya menurut tema)

Cilegon

Pend.Agama Islam, IPS, IPA, Matematika + Pengembangan Bakat Anak

Tangerang Selatan

Pengetahuan Umum, Pend.Agama Islam, Matematika, Bhs.Inggris + Pengembangan Bakat Anak

 

(Tahun 2017, akan mengalami perubahan)

Jika kita kuliah/kerja dan juga domisilinya di luar Banten, apakah bisa juga ikut menjadi relawan pengajar ?

Bisa, kamu bisa ikut program Isbanban Yuk Mengajar! Dimana kamu bisa ikut turun serta mengajar ke desa, di sesuaikan minggu kapan kamu bisa mengajar.

Setelah kita mengabdi selama satu tahun sebagai kakak pengajar, apa kita dapat penghargaan berupa sertifikat ?

Ya, tentu saja. Seluruh relawan yang telah menjadi pengajar selama 1 tahun berhak mendapat penghargaan berupa sertifikat yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dan menjadi tambahan track record kamu kedepan. Mantap kan ??

Ka, kok sekarang pendaftarannya juga diseleksi ya ka ? lebih sulit dong ya ?

Jadi, kenapa terdapat seleksi pada tahun ini, agar kita mengetahui seberapa serius calon relawan untuk bergabung dan menciptakan perubahan bersama – sama. Gak usah khawatir, dengan modal kemauan dan keyakinan. Kamu pasti bisa. Gak sesulit yang kamu fikirkan kok, tenang saja.

Saya ga ada pengalaman mengajar ka, masih bisa ikut Isbanban ?

Bisa,kok. Yang penting ada kemauan dan komitmen. Nanti kamu ga bakal sendiri dilepas begitu saja kok. Ada kakak – kakak relawan Isbanban yang lain yang siap membantu. Kan kita ngajar bareng – bareng, oke?

 

Nah itu dia beberapa pertanyaaan yang telah kami jawab ya. Gimana ? sudah berhasil menjawab rasa ingin tahu kamu bukan? Bila terdapat pertanyaan terkait OPREC Isbanban 2017, kamu bisa DM(direct message) langsung ke akun instagram (@isbanbanfoundation) dan fanspage facebook Isbanban (Istana Belajar Anak Banten) . 

Selamat berjuang, Good Luck !!