Gembira Pangkal Kreatif

2016-05-23 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 15 Mei 2016

Desa Cipala

Cilegon, Banten


 

Pagi ini kami disambut dengan cerahnya mentari pagi. Dimana orang-orang kebanyakan sedang menikmati weekend-nya. Lain dengan kami, yang seperti biasa menikmati perjalanan menuju desa Cipala. Kali ini kami kedatangan kakak-kakak dari Isbanban Kota Serang yaitu kak Anis dan kak Lutfi. Adik-adik sangat senang menerima kedatangan mereka. 

Pagi ini adik-adik belajar sambil bermain mengenai flora dan fauna dengan mengaplikasikannya melalui kertas origami. Terdapat beberapa pertanyaan yang kami lontarkan kepada mereka. Mereka terlihat sangat antusias ketika menjawab berbagai pertanyaan kami. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas adik-adik. Beberapa kelompok tampak lebih cepat menyelesaikan kerajinan flora dan fauna yang sudah di contohkan kakak pengajar sebelumnya.

Setela selesai, kegiatan selanjutnya adalah menjelajahi desa Cipala. Karena kegiatan ini merupakan request dari adik-adik. Mereka begitu menyukai kegiatan menjelajah. Sepanjang perjalanan kami tidak hanya jalan-jalan namun selalu menyelipkan pengetahuan mengenai flora dan fauna.

Bahkan mereka lebih banyak mengetahui flora dan fauna yang belum kakak-kakak ketahui. Mereka begitu aktif ketika menyebutkan hal-hal yang mereka temui di perjalanan. Terkadang sesekali kakak-kakak dijahili oleh mereka. Bukan masalah, asalkan mereka gembira dan tidak melewati batas.

Kami selalu memberi mereka kebebasan berekspresi untuk kreativitas mereka. Mereka memiliki segudang ide dan pemikiran kreatif selayaknya anak usia kepo, terkadang sampai-sampai membuat kami "kewalahan". 

"Orang-orang yang serius memiliki ide-ide yang sangat terbatas" kata Paul Valery. Memang, tidak perlu merasa heran bahwa segala candaan mereka sangatlah berkaitan dengan hal ini.


Penulis : Julia Anggeraeni - Kakak Pengajar Isbanban Cilegon, Jurnalis Dept. IT dan Media

Editor : Ghina Nabila - Jurnalis Dept. IT dan Media