Melatih Imajinasi Kreativitas Sejak Dini

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 25 Januari 2016

Kp. Cempaka Salam

Pandeglang, Banten


 

Minggu pagi di taman baca Chapter Pandeglang, para relawan kembali memulai aktivitas belajar mengajar seperti biasa. Walaupun relawan yang datang hanya 3 orang yaitu kak Deny, kak Sandi, dan  kak Mutmainah, tidak meluruhkan semangat mereka untuk mengajar di Desa Cempaka Salam. Kegiatan belajar mengajar kali ini ialah membaca buku bersama-sama. Dimana buku yang mereka baca ialah buku cerita bergambar atau dongeng. Sambil dibantu para pengajar, mereka sangat antusias untuk membaca buku cerita bergambar tersebut. Tak hanya membaca buku cerita, anak-anak juga diajak untuk menggambar bebas sesuai imajinasi mereka sambil dipandu juga oleh kak Mutmainah.

Setelah puas membaca dan menggambar, anak-anak diajak untuk bermain di lapangan. Nama permainannya sangat unik, karena menggunakan nama makanan tradisional Indonesia yakni Candil Opak Apem, dimana ini adalah permainan konsentrasi. Cara memainkannya adalah anak-anak membuat lingkaran besar. Jika relawan mengakatakan “Opak” maka anak-anak harus berdiri setengah jongkok, jika relawan mengatakan “Apem” maka anak-anak harus jongkok, dan jika relawan mengatakan “Candil” maka anak-anak harus berdiri. Setiap anak yang salah gerakan akan terkena hukuman. Anak-anak sangat senang dengan permainan ini karena melatih kecepatan mereka dalam berpikir. Dan setelah puas belajar dan bermain, waktu dzuhur pun tiba. Itu artinya anak-anak diperbolehkan untuk kembali pulang.

Dalam kegiatan kali ini pengajar memberikan pengajaran membaca buku cerita karena ingin melatih minat baca anak sejak dini. Agar tidak terlihat membosankan, anak-anak mulai membaca dengan buku yang banyak gambar dan warna, serta bahasa yang tidak terlalu berat sehingga mudah difahami oleh anak-anak. Fungsi dari melatih membaca dongeng untuk anak-anak sendiri adalah selain melatih minat baca pada anak, manfaat yang bisa didapat adalah mengembangkan daya imajinasi anak, menambah wawasan, meningkatkan kreativitas, mengajarkan nilai moral yang baik pada anak, serta menghilangkan rasa tegang/stress pada anak. Jika anak sudah hobi membaca dan mendengarkan cerita dongeng, maka anak-anak akan merasa senang dan bahagia jika mendengar dongeng. Dengan perasaan senang dan mungkin diiringi dengan canda tawa, maka berbagai rasa tegang, mood yang buruk dan rasa-rasa negatif lain bisa menghilang dengan sendirinya.