Mengenal Isbanban Lebih Dekat

2016-12-26 00:00:00 // by Administrator

 

Ada yang tau apa itu Isbanban? Atau mungkin ada yang sudah pernah mendengar apa itu Isbanban, entah lewat social media twitter, facebook, ataupun instagram? Yap, mungkin sebagian orang sudah mengetahui dan mengenal apa itu Isbanban, namun diantara kalian pasti ada yang belum mengetahuinya.

Kalau begitu kami akan beri tahu segala macam hal tentang Isbanban.

Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) adalah youth-led organization berbasis gerakan kerelawanan yang memiliki visi untuk menciptakan akses dan kualitas pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan di seluruh pelosok desa yang ada di Banten. 

Oiya, Isbanban telah berbadan hukum Yayasan, lho, yang disahkan melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.AHU-0008514.AH.01.04 Tahun 2016.

 

Gimana sih awal mula terbentuknya Isbanban? Lalu apa makna dari kata “Isbanban” itu sendiri?

Awal mulanya sih kami bergerak atas dasar adanya masalah sosial di Banten, yang menyatakan bahwa masih rendahnya akses pendidikan dan kesadaran masyarakat pelosok desa tentang arti pentingnya pendidikan. Kondisi tersebut menyebabkan 51 ribu dari total 11 juta penduduk di Banten menderita buta aksara dan 25 ribu anak tidak sekolah.

 

Kemudian Panji Aziz Pratama dan kawan-kawan beserta Forum Osis Banten dengan dibantu Irvan  Hq Selaku Ketua Komunitas Banten Muda(biem.co) membentuk taman baca pertama kali yang terletak di Kp. Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang – Kabupaten Serang, Banten.

 

Sedangkan, nama Istana Belajar merupakan perwujudan dari usaha anak muda untuk menciptakan Istana bagi anak-anak pelosok desa dalam mengakses pendidikan untuk Belajar. Kalau kalian mau tau, awal dibentuknya nama Isbanban adalah IBAB, namun pada akhirnya diganti menjadi Isbanban.

Lambangnya adalah Monumen Banten Lama, Pensil, dan diberi dua sayap, yang sayapnya itu adalah berbagai macam buku. Itu artinya pensil untuk bisa memberikan ilmu, Monumen yang berarti ciri khas Banten, kalau untuk sayap adalah agar anak-anak bisa dapat mencapai mimpinya untuk terbang tinggi lewat dunia pendidikan.

Kalau lebih singkatnya, sih, ISBANBAN itu organisasi yang nerapin sistem kerelawanan gitu, dengan social value Care and Share sebagai simbol kontribusi anak muda dengan cara berbagi dan peduli terhadap pendidikan anak di pelosok desa Banten. Kalau kita care ya pasti kita share, kalo kita share ya pasti juga care, jadi care and share dalam social value kami selalu berjalan berdampingan dan saling berkaitan.


 

Kapan sih Isbanban terbentuk?

ISBANBAN berdiri pada tanggal 10 Februari 2013 dengan berdirinya children learning center yang pertama, yang terletak di Kp. Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang – Kabupaten Serang, Banten.

 

Lalu anggota Isbanban itu siapa aja? Terus sasaran penerima manfaat  Isbanban siapa aja?

Keanggotaan Isbanban adalah para relawan muda yang usianya berkisar 19 – 25 tahun. Kalo penerima manfaat Isbanban adalah anak-anak pelosok desa yang minim akan akses pendidikan seperti buku bacaan, tenaga pengajar, kesempatan melanjutkan sekolah dan minimnya pusat belajar bagi anak. 

Kalo sasarannya adalah anak-anak dengan usia 6-11 tahun yang sedang duduk di bangku Sekolah Dasar. 

Isbanban sampai saat ini telah memiliki 579 relawan yang tersebar di 8 desa di 7 kabupaten/kota Provinsi Banten.

 

 


 

Isbanban tuh adanya dimana aja sih?

Sampai saat ini Isbanban telah memiliki 8 desa binaan yang tersebar di 7 kab/kota di Provinsi Banten, diantaranya:

  1. Kp. Cempaka Salam, Desa Saninten, Kabupaten Pandeglang.

  2. Kp.Sanding, Desa Sindangsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

  3. Kp.Salinggara, Desa Sayar, Kecamatan Tak – Takan, Kota Serang.

  4. Kp.Tigamaya, Desa Telagaluhur, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang.

  5. Kp,Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang

  6. Kp. Cipala, Desa Lebak Gede, Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon.

  7. Kp.Janur, Desa Bojong Loa, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

  8. Jalan Aria Putra Gg. Swadaya 5, No. 45 Kedaung, Pamulang, Tangerang Selatan. 15415

Kantor Sekretariat Isbanban berlokasi di Jl.Karya Bhakti 2A No.98, Komplek KPPN, Ciceri, Serang-Banten, 42151

Jadi untuk kalian yang ingin gabung dan menjadi relawan Isbanban gak perlu khawatir semisal mau gabung isbanban tapi jauh dari tempat tinggal atau apapun itu, tenang saja, karena kami sudah tersebar di berbagai pelosok desa Banten. Pilihlah yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.






 

Oiya, saya ngeliat maskot isbanban itu burung hantu, itu maknanya apa? Terus kalau warna kebesarannya itu warna biru muda dan orange itu artinya apa ya?

Maskot Istana Belajar Anak Banten adalah seekor burung hantu. Mengapa sih kita milih burung hantu? Alasannya adalah karena burung hantu itu melambangkan ilmu pengetahuan. 

 

Untuk kalian yang lahir di tahun 90-an  mungkin pernah tau kuis mengasah otak bernama galileo?  Ya, maskot kuis tersebut adalah burung hantu. Dan tokoh guru di film - film kartun juga biasanya ialah burung hantu.
 
 Itulah alesan kita milih burung hantu sebagai maskot Isbanban, karena melambangkan guru yang bijaksana dan berwawasan luas.

 

Burung hantu Isbanban bernama Ichiban. Apa sih arti Ichiban itu? 

Ichiban berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti patut di perjuangkan. Apa sih yang patut di perjuangkan? Yaitu pendidikan anak- anak pelosok desa banten.
 
 Mengapa Ichiban memakai kaos? Kaos itu adalah pakaian teaching staff saat Isbanban pertama kali berdiri.
 
 Mengapa Ichiban di dominasi warna gelap dan abu - abu serta di ujung alisnya berwarna kuning ke emasan? Gelap disini melambangkan kegelapan atas ketidak keseimbangan pendidikan anak- anak pelosok desa Banten, warna abu - abu disitu melambangkan proses kita menuju mewujudkan mimpi - mimpi Isbanban, salah satunya pemerataan pendidikan antara desa dan kota.
 
 Warna emas melambangkan pendidikan yang mulia, anak - anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama tanpa harus ada perbedaan seperti kondisi ekonomi atau latar belakang orang tua. Setiap anak memiliki hak belajar yang sama. Dan juga berarti semangat kami dalam membantu mewujudkan mimpi mereka semaksimal mungkin.
 
 Dan tangan ichiban yang berwarna putih melambangkan bahwa Isbanban adalah gerakan Non-profit Organization.

 


 

Kalau untuk warna kebesaran kami pilih warna biru muda dan orange adalah karena alasan biru muda yang mengandung arti kesejukan dan kedamaian, serta orange yang berarti semangat. Jadi diharapkan para anggota isbanban bisa meningkatkan kesejahteraan didalam dan diluar organisasi untuk bersemangat membantu anak di pelosok desa Banten.


 

Kalau boleh tau, emang kondisi pendidikan di Banten kayak gimana ya?

Dalam segi pendidikan, Banten masih dinobatin sebagai salah satu provinsi yang  kualitas pendidikannya masih rendah di Indonesia. 

Pada tahun 2013, Badan Pusat Statistik Banten menyebutkan sebanyak 312.409 anak tidak bersekolah dari 604.812 total anak di Banten. Itu artinya 51,6 % anak tidak menikmati akses pendidikan. Dari data di atas, angka penyumbang terbesar berasal dari pelosok desa di Banten.

Dari rendahnya tingkat pendidikan itulah, sekitar 337 ribu orang mengalami buta huruf. Hal itu juga yang menyebabkan orang-orang Banten masih hidup dalam garis kemiskinan. Kemiskinan ini meningkat setiap tahunnya, sebagai contoh kemiskinan tahun 2015 meningkat 7,89 % dari tahun 2014.

Hal inilah yang nimbulin dampak kalo Banten masih lemah dalam Indeks Pertumbuhan Manusia yang mencapai angka 69.89%. Penyebabnya sendiri adalah adanya ketidakseimbangan kualitas pendidikan antara di kota dan desa.

Dari permasalahan di atas, gimana sih, cara Isbanban untuk meminimalisir atau meningkatkan kualitas pendidikan di Banten?

Isbanban punya visi untuk menciptakan akses dan kualitas yang berkualitas dan berkelanjutan di pelosok desa Banten.

Nah, untuk bisa mencapai visi itu kami punya misi yaitu: 

  • Meningkatkan kualitas dan akses pendidikan bagi anak di pelosok desa. 

  • Mengimplementasikan pendekatan “care and share” pada pengembangan dan pemberdayaan pemuda untuk pendidikan anak di pelosok desa. 

  • Menginspirasi gerakan sosial berbasis anak muda yang berfokus pada pendidikan anak di pelosok desa

Hal yang kami lakukan adalah Inspiring a good people to do good things.

 

Dari visi dan misi diatas, kami punya 3 program, diantaranya:

  1. Taman Belajar(Literasi)

 

Di tahun 2013, kami berhasil mendirikan taman belajar pertama kali di Kp.Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang – Kabupaten Serang. Dengan bermodalkan 40 panitia pelaksana yang berasaldari Forum OSIS Banten bekerjasama dengan BantenMuda Community, taman belajar pertama ini menjadi simbol lahirnya Istana Belajar Anak Banten tepat di tanggal 10 februari 2013. 

Pada tahun 2014, kami bernisiatif untukm engembangkan program taman belajar keseluruh daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Melalui acara Banten Youthcation 2014 pada tanggal 22 – 24 Juni 2014, kami mengundang anak muda potensial dari 7 kabupaten dan kota di Banten untuk berkumpul di suatu acara kerelawanan dalam rangka pelatihan pembentukan taman baca. Acara tersebut memberikan dampak dengan ditandainya pembentukan 7 taman baca di 7 Kabupaten/Kota ProvinsiBanten di bulan Oktober 2014.


 

  1. Minggu Belajar(Akses)

Sebuah program yang digerakkan oleh seluruh relawan KakakPengajar setiap hari minggu untu kmemberikan semangat, waktu dan keceriaan pada 455 adik-adik di 8 desa binaan. Setiap hari Minggu, 592 relawan melakukan pengajaran di 7 chapter Isbanban dengan mata pelajaran akademik serta pengembangan minat dan bakat.

   


 

Berikut ini daftar pengajaran minggu belajar di setiap desa binaan:

 

Chapter

Matapelajaran (Minggu Belajar)

Lebak

Bhs.Inggris, Bhs.Indonesia, Matematika, Kesenian + Pengembangan Bakat Anak

Pandeglang

Tematik + Pengembangan Bakat Anak

Kota Serang

Kesenian, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA + Pengembangan Bakat Anak

Kabupaten Serang

Kesenian, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia + Pengembangan Bakat Anak

Kabupaten Tangerang

On Going Process (Pembentukan Taman Belajar Baru) + Pengembangan Bakat Anak

Cilegon

Pend.Agama Islam, IPS, IPA, Matematika + Pengembangan Bakat Anak

Tangerang Selatan

Pengetahuan Umum, Pend.Agama Islam, Matematika, Bhs.Inggris + Pengembangan Bakat Anak

 

  1. Isbanban Dream Scholarship ( I Dreams)

Lemahnya Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) di Banten yang hanyamencapai angka 69.89.Kami berusaha menciptakan kesempatan belajar berkelanjutan untuk adik didik berpotensi melalui beasiswa belajar yang dinamakan Isbanban Dream Scholarship (I Dreams). Beasiswa yang diperuntukkan untuk anak anak berpotensi yang berasal dari daerah 3T (Terpencil,TerluardanTertinggal). Beasiswa ini membiayai berbagai kebutuhan sekolah mulai dari SMP, SMA sampai perkuliahan. Program I Dreams telah memberikan dampak pada 4 anak di 2 desa yang berasal dari Kabupaten Pandeglang dan Lebak. 




 

http://isbanban.org/template/assets/image/about-literacy-illustrate.png

Kami memberikan beasiswa ini tidak sembarangan lho, tetapi mempertimbangin segala aspek, diantaranya:

  1. Tingkat kemampuan ekonomi keluarga.

  2. Motivasi calon penerima beasiswa.

  3. Perkembangan keaktifan calon penerima beasiswa selama proses program “Minggu Belajar”.

Beasiswa ini di desain khusus untuk menjamin sustainability impact terhadap proses peningkatan kualitas pendidikan di pelosok desa Banten. 

Output dari beasiswa ini sih kita kepengen banget ngedorong anak pelosok desa yang berpotensi supaya bisa berkesempatan ngelanjutin pendidikan, tidak hanya sebatas sekolah dasar. Sehingga, outcome dapat terlihat ketika penerima beasiswa memperoleh wawasan dan keterampilan dari pendidikan lanjutan di perkuliahan atau pelatihan life skill, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga dan pembangunan kapasitas sumber daya manusia di pelosok desa Banten.

Bagaimana perkembangan Isbanban dari awal terbentuk hingga sampai saat ini?

Selama hampir 4 tahun berjalan, Isbanban Foundation terlibat untuk mendukung Millenium Development Goals dan dilanjut pada Sustainable Development Goals yang berfokus pada Quality Education. Isbanban Foundation telah menerima beberapa penghargaan seperti Banten Muda Award 2013 sebagai program inspiratif bidang pendidikan, ISYF Award 2015 sebagai The Best Social Project dan Panji Aziz Pratama(Founder & Managing Director Isbanban Foundation) berhasil mewakili Isbanban dalam program YSEALI Academic Fellows 2015 di AmerikaSerikat. 

Isbanban Foundation juga telah dinobatkan sebagai 1 dari 60 Yayasan Sosial anak muda di dunia yang berhasil dibawa pada acara terbesar anak muda skala Internasional Global Changemakers 2016 di Switzerland. Pada akhir tahun 2016, Isbanban Foundation berhasil masuk sebagai salah satu youth non-profit organization dibawah naungan International Youth Federation

Isbanban sampai saat ini sudah bekerja sama dengan siapa aja?

OUR PARTNER AND EXPERIENCES

 

  • Strategic PartnerE:\ISFAM\logo\ISYF.jpgE:\ISFAM\logo\statusfan.png


D:\02 ISBANBAN\LOGO SUPPORTED\banten muda.jpgD:\02 ISBANBAN\Profile+Pictures+biem.co.pngE:\ISFAM\logo\FOB.jpgE:\ISFAM\logo\ACT.pngE:\ISFAM\logo\yseali.png



 

  • Media Partner


D:\02 ISBANBAN\LOGO MEDIA PARTNER\logo angkasa new1.jpgD:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\hot.jpgD:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\MEGASWARA FM SERANG.pngE:\ISFAM\logo\banten banget.jpg
 
 
 
 C:\Users\ima\AppData\Local\Temp\Rar$DIa0.941\3886079_radar_banten.png

 

  • Particiapated Event


D:\02 ISBANBAN\05 ISBANBAN CO-CHAPTER\Istana Belajar Anak Banten\DESIGN\Parlemen_Muda Banten.jpgE:\ISFAM\logo\PUSDA BANTEN.pngE:\ISFAM\logo\LOGO_FCTC_S.pngE:\ISFAM\logo\KI.pngE:\ISFAM\logo\youthful social.jpgE:\ISFAM\logo\wys.pngE:\ISFAM\logo\logo-sman-2-kota-serang_391_451.jpgE:\ISFAM\logo\Dispora-Banten.jpg
 
 
 
 
 
 
 
 
 E:\ISFAM\logo\PAMATEN UNPAD.jpg
 E:\ISFAM\logo\akpro.png
 
 E:\ISFAM\logo\udo15.jpgE:\ISFAM\logo\udo16.jpg
 E:\ISFAM\logo\logo-yatim-mandiri-baru.jpgE:\ISFAM\logo\ics2015.png
 
 

  • Collaboration Partner


E:\ISFAM\logo\ebi.jpgE:\ISFAM\logo\HIMATEMIA.jpgC:\Users\ima\AppData\Local\Temp\Rar$DIa0.417\ind_mengajar.jpg

 

  • Publicated On


C:\Users\ima\AppData\Local\Temp\Rar$DIa0.446\Media-Indonesia.jpgE:\ISFAM\logo\kompas tv.pngE:\ISFAM\logo\logo-baraya-tv.pngE:\ISFAM\logo\LogoMetroTVsince2010.svg.pngE:\ISFAM\logo\BantenTV.jpg
 E:\ISFAM\profiling isbanban\logo\unpad new.jpg
 
 Hasil gambar untuk LIPUTAN 6 .COMHasil gambar untuk NET
 Hasil gambar untuk dream .co.idHasil gambar untuk komunita id





 

  • Last Sponsored


D:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\logo DD BANTEN.jpgC:\Users\ima\AppData\Local\Temp\Rar$DIa0.441\Pikiran_Rakyat.jpgD:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\logo-BI (1).jpgD:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\sayuti.png
 E:\ISFAM\logo\KDL.png
 D:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\kabar.gif
 D:\02 ISBANBAN\LOGO SPONSOR\denbagus.jpgE:\ISFAM\logo\BANGUN BETON.png


 

  • Awarded ByE:\ISFAM\logo\nutrifood.jpgD:\02 ISBANBAN\LOGO SUPPORTED\banten muda.jpgE:\ISFAM\logo\ISYF.jpg


E:\ISFAM\logo\logo-global-changemakers.jpg