Rintik Hujan Penyemangat Kami

2016-05-02 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 1 Mei 2016

Desa Cipala

Cilegon, Banten


Energi, cinta, sayang, ikhlas, dan tabah adalah semangat kami untuk sampai ke desa Cipala. Kami tiba di desa sekitar pukul 08.30 WIB diiringi rintikan hujan di sepanjang jalan. Dengan sangat gembira ternyata adik-adik sudah tiba di sekolah, serta terdapat 3 ibu-ibu (warga) dan ibu guru yaitu ibu Sa'diah. Setelah kami berbincang-bincang dengan ibu Sa'diah, ternyata pagi ini akan diadakan senam untuk ibu-ibu. Namun terdapat masalah pada sound system dan akhirnya kegiatan tersebut tidak berlangsung sebagaimana mestinya.

Adik-adik dipersilakan untuk membaca selama 15 menit sambil menunggu kakak-kakak yang masih di perjalanan. Setelah itu kegiatan pembelajaran pun dimulai. Kali ini kegiatannya bertemakan "keluarga", dengan cara membuat keluarga minion 3 dimensi dan 2 dimensi. Menggunakan peralatan serta cara yang sederhana.  Nampaknya adik-adik bersemangat sekali. Kegiatan ini dibagi atas beberapa kelompok. Dan juga hari ini merupakan hari dimana volunteer baru pertama kalinya datang ke desa Cipala serta bertemu dengan adik-adik. Mereka sempat "kewalahan" ketika menghadapi semangat adik-adik yang tak pernah padam.

Akhirnya keluarga minion pun jadi dengan berbagai keunikan dan ciri khas disetiap kelompok. Tiba-tiba awan menghitam dan hujan pun turun. Beberapa dari adik-adik langsung berlari keluar kelas dan bermain hujan-hujanan. Sempat kami larang, namun mereka mengabaikannya. Dan salah satu dari mereka berkata kalau mereka sudah terbiasa untuk bermain hujan-hujanan. Setelah mereka puas, kemudian kami ajak, rayu dan rangkul untuk masuk kembali ke dalam kelas. Di dalam kelas kami memberikan berbagai pertanyaan mengenai keluarga, tugas orang tua, dan lain-lain. Mereka sangat antusias ketika menjawab pertanyaan yang kami berikan.
 Hasil karya adik-adik beberapa kami simpan dan sisanya kami perbolehkan untuk dibawa pulang. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB dan kegiatan hari ini sudah selesai. Sebelum adik-adik pulang kami persilakan untuk ber'doa yang dipimpin oleh seorang adik perempuan. Setelah itu kami mengadakan evaluasi untuk kegiatan hari ini. Dan banyak sekali ide-ide kreatif dari kakak-kakak volunteer baru.
 And the last, kami sholat bersama sebelum turun ke Batu Meteor (tempat favorit untuk berfoto setelah pengajaran, sekaligus merupakan ciri khas ISBANBAN Cilegon). Semoga pengajaran hari ini dapat bermanfaat untuk adik-adik dan berkesan untuk para volunteer baru. TETAP SEMANGAT!!!!!!

#janganlupabersyukur

#Chare&Share


Penulis : Julia Anggraeni - Kakak Pengajar Isbanban Cilegon, Jurnalis Dept. IT dan Media

Editor : Ghina Nabila - Jurnalis Dept. IT dan Media