Sains? Its Fun!

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

MINGGU, 10 April 2016

Kp. Cempaka Salam

Pandeglang, Banten


Hari Minggu seakan menjadi hari wajib untuk bermain terutama bagi anak-anak, dimana mereka menghabiskan waktu libur sekolah mereka dengan bermain dengan teman sebaya. Adaptasi menjadi salah satu tolak ukur untuk mereka bermain dengan kawan-kawannya, karena mereka akan melihat kondisi sekitar apakah mereka nyaman atau tidak. Akan terjadi seleksi alam yang membuat mereka bisa bertahan atau tidak di dalam sebuah kelompok tersebut.

Anak-anak di taman baca Chapter Pandeglang kemarin mulai mempelajari hal tersebut. Kakak relawan mengajari pelajaran Biologi tentang adaptasi. Tujuannya adalah agar memahami apa itu adaptasi, dapat megenal makhluk hidup yang hidup di tempat yang berbeda. Salah satu siswa taman baca yaitu Mira mengatakan bahwa belajar Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA, sangat menyenangkan. Karena bisa mengambil contoh dari makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

“Kalau hewan yang hidup di air itu contohnya Ikan, bernapas pake insang. Tumbuhan yang hidup di air contohnya eceng gondok, rumput laut.” Ujarnya dengan semangat. Tidak hanya Mira, anak-anak lain juga sangat antusias dalam mempelajari ilmu alam dimana mereka sangat aktif bertanya tentang hewan dan tumbuhan apa saja yang bisa hidup di air. Kakak pengajar tidak kehabisan akal untuk menjelaskan contoh dari hewan dan tumbuhan yang ditanyakan.

Para kakak pengajar sampai menggambar di papan tulis agar anak-anak menjadi tahu dan mengerti apa yang dijelaskan. Tidak hanya menggambar di papan tulis, anak-anak juga diberi waktu selama 15 menit untuk menuliskan jenis hewan dan tumbuhan apa saja yang hidup di air dan di darat. Setelah itu mereka mempresentasikan dari tempat duduk mereka masing-masing.