Suasana Belajar di Chapter Lebak

2016-04-29 00:00:00 // by Administrator

                        Minggu, 10 Januari 2016 merupakan minggu  kedua pengajaran chapter Lebak. Kak Teja, kak Fitri, kak Nida, dan kak Ari merupakan relawan-relawan pengajar di chapter Lebak yang mengajar pada minggu ini.

            Kak Teja selaku Project Officer sangat antusias dengan pengajaran di setiap minggunya. Ia sangat peduli terhadap pendidikan di pelosok desa, tidak mau sampai mengecewakan anak-anak yang berada di desa binaan Lebak, oleh karena itu kak Teja tidak pernah absen untuk berkunjung dan mengajar di desa binaan Lebak.

Pukul 08.00 kami berangkat dari kota Rangkasbitung menuju kampung sanding. Sekitar satu jam perjalanan kami sampai di desa binaan, yaitu Kp. Sanding. Sesampainya kami di desa binaan, kami disambut oleh anak-anak di sepanjang jalan rumah mereka. Yang kami senangi dari mereka adalah kesopanan dan kesantunannya. Di sepanjang jalan rumah mereka, bila mereka bertemu dengan kami, mereka selalu mengucapkan salam, “Assalamualaikum kakak”. Selalu seperti itu bila bertemu dengan kami.

            Terlihat anak-anak sudah sangat gembira melihat kedatangan kami. suara-suara tertawa, teriakan kecil, obrolan teman ke teman dan suara langkah kaki mungil mereka menghiasi telinga kami di pagi hari. Sungguh menambah semangat kami. Kami pun sedikit beristirahat sambil menyiapkan materi-materi yang akan di ajarkan.

            Materi kali ini yaitu tentang Operasi Bilangan (penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian). Kak Teja membagi kelas kedalam tiga kelompok. Kelompok A yaitu kelas 1 tentang penjumlahan dan pengurangan dasar (keterampilan gambar, 0, 0), kelompok B kelas 2 dan 3,  kelas 2 tentang penjumlahan dan pengurangan (angka, 0, 0), kelas 3 tentang penjumlahan dan pengurangan (soalcerita, 0, 0), dan kelompok C kelas 4, 5 dan 6, kelas 4 tentang penjumlahan, pengurangan dan perkalian, kelas 5 dan 6 tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk perkalian kelas 4, 5, dan 6 difokuskan dengan menggunankan metode hitung cepat. Setelah membagi setiap kelasnya, kakak-kakak relawan pengajar langsung menghampiri anak-anak yang sudah menunggu. Sebelum pelajaran dimulai, anak-anak berbaris rapih di depan kelas dan Kak Fitri memeriksa kuku mereka satu persat.

            Kami mencoba melaksanakan amanah dengan baik, anak-anak sangat fokus dan mem perhatikan materi yang kami sampaikan. Ternyata dominan mereka suka terhadap mata pelajaran matematika. Bahkan mereka mampu menjawabnya tanpa harus kami jelaskan secara rinci. Walau pun memang masih ada anak yang kurang mengerti, kami terus mencoba untuk menjelaskannya hingga mereka mengerti. Sungguh generasi penerus bangsa yang baik jika pendidikan di Indonesa merata. Kami selalu berdoa untuk kalian adik-adikku, agar kalian bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi sampai setinggi mungkin, menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan Negara nanti. Aamiin.

            Setelah beberapa jam kemudian, tak terasa pengajaran hari ini telah selesai dilaksanakan. Kak ari menutup dengan memberikan sebuah game ‘Sulap Hitung’. Suasana saat itu benar-benar menggembirakan.