Desa Kaduhejo


Kampung Cemapaka Salam adalah sebuah desa yang terletak di bukit pandeglang, tepatnya di kecamatan Kaduhejo. Desa ini memiliki beragam keunikan antara lain, terdapat banyak Pesantren, sehingga masyarakat Cempaka Salam memiliki ajaran keagamaan yang kuat, bahkan Anak-anak disana sangat menyukai kegiatan yang berkatian dengan Budaya keislaman.

Selain itu, budaya gotong royong di desa tersebut masih sangat terasa kuat. Seluruh masyarakat di kampung Cempaka Salam memiliki sikap santun terhadap pendatang maupun relawan kakak pengajar. Satu hal yang paling unik dari kampung ini adalah saat musim layang-layang, masyarakat serempak berduyun-duyun menerbangkan layangan. Dari anak-anak sampai orang dewasa tidak memandang umur, sampai para guru pun memaklumi saat anak muridnya bolos sekolah di musim layangan. Namun, selain keunikan dari kampung ini ada juga kesulitannya, karena kampung ini terletak di atas bukit dan mayoritas penduduknya bekerja di sawah dan perkebunan, maka transportasi dari desa menuju pusat kota atau sekedar menuju jalan raya sangatlah minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Desa yang terletak di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang ini berjarak 12 KM dari pusat kota. Kami memilih desa ini karena kearifan lokal yang begitu kental serta semangat masyarakat yang tinggi terhadap pendidikan. Setiap harinya anak – anak mengkaji ilmu agama bersama para ustadz/ustadzah yang berada di desa tersebut. Nilai religiusitas di desa ini sangatlah kental, maka dari itu kami hadir sebagai kakak relawan bukan untuk mengajarkan, namun sejatinya adalah untuk belajar tentang arti kehidupan. Hadirnya kami disana untuk memberikan suatu pengabdian untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita adik-adik melalui buku bacaan, belajar tambahan dan pengembangan potensi bakat adik binaan.

Kami hadir di desa tersebut pada tanggal 19 Oktober 2014 yang ditandai dengan adanya Grand Opening Taman Baca Isbanban Chapter Pandeglang. Semangat kami tumbuh besar saat seluruh masyarakat ikut andil dalam berbagai kegiatan Isbanban yang kami jalankan di desa binaan,  terlebih para pemuda di kampung ini selalu siap membantu dan bergotong royong mempersiapkan kegiatan yang diselenggarakan. Tak luput dari itu, sosok bu haji dan pak haji Jadik beserta keluarganya yang selalu menjadi pembimbing dan bersedia setiap saat membantu para relawan isbanban. Berbagai bantuannya mulai dari tempat menginap atau hanya sekedar untuk tempat berkumpul para relawan saat mengadakan rapat mereka sediakan dengan senang hati untuk kami para relawan muda yang punya semangat juang membara.

Hal yang tidak dapat terlupakan dari kampung Cempaka salam adalah keasrian lingkungan yang masih sangat hijau akan hutannya dan betapa berjuangnya perjalanan menempuh desa binaan. Suasana haru saat kami datang ke desa tersebut adalah pada saat mendapatkan sambutan hangat warga setempat dan antusias para adik-adik binaan setiap minggunya kami mengajar.  Akses jalan yang lumayan berbatu dan mendaki membuat kendaraan kami terasa sangat berat, terlebih saat musim hujan turun jalanan menjadi becek dan licin. Di sepanjang jalan menuju desa binaan sangat jarang rumah, hanya kebun dan pepohonan sehingga saat ban bocor para relawan harus mendorong kendaraannya sampai kebawah menemukan tukang tambal ban. Sejauh kami mengabdi, banyak hal tidak pernah terlupakan saat kami berangkat ke desa binaan. Ayo rasakan sensasinya !!

  • -6.30673700, 106.06046500
  • 59 Relawan disini
  • Direct Me
Avatar ahmad taufik awami
Avatar Fina Septiani