Desa Kedaung


Nama desa binaan kami adalah Kedaung. Untuk Tangerang Selatan yang sebagian besar merupakan kota dengan segala fasilitas maju dan mendukung, desa Kedaung menjadi salah satu yang masih bisa dibilang terpencil dan belum sepenuhnya mendapat fasilitas penuh seperti wilayah lainnya di Kota Tangerang Selatan. Di desa ini, kamu akan diperlihatkan rumah dengan layout yang sangat tidak teratur (jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya sangat padat). Kamu juga akan menemukan berbagai kelompok anak yang berkumpul dan bermain dengan teman sebayanya di berbagai sudut.

Lokasi tempat kami membina anak – anak di Desa Kedaung tepatnya berada di Jalan Aria Putra, Gang Swadaya 5, No. 45, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, 15415. Untuk bisa sampai ke pusat kota jaraknya kurang lebih 6 km dari Desa Kedaung.

Mengapa pemilihan desa binaan jatuh pada Kedaung? Berdasarkan survey dengan mewawancarai beberapa orang tua, terutama ibu – ibu, di lingkungan desa Kedaung, anak – anak disana belum memiliki latar pendidikan yang maksimal dan cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari sebagian anak yang sudah duduk di Sekolah Dasar belum lancar membaca dan berhitung, bahkan ada yang belum bisa membaca sama sekali. Selain itu, berbagai mata pelajaran lain di Sekolah Dasar seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Inggris juga belum dapat dipahami dengan baik oleh anak – anak di desa Kedaung ini.

Berdasarkan hasil asesmen ini, kami memutuskan untuk mengabdi pada desa Kedaung dan bekerja sama dengan salah satu komunitas peduli lingkungan yaitu EBIBAG (Eco Business Indonesia), serta Karang Taruna dan masyarakat wilayah setempat. Maka dari itu kami melakukan Grand Opening taman baca ISBANBAN chapter Tangerang Selatan adalah tanggal 22 November 2015.

Kami ingin membantu anak – anak di desa ini untuk dapat lebih memahami pelajaran – pelajaran di sekolah dengan metode pembelajaran yang tidak membosankan. Selain itu kami juga sepakat untuk bisa membentuk karakter yang baik pada anak – anak di desa binaan Kota Tangerang Selatan. Untuk itu, kami tidak hanya mengajarkan apa yang mereka terima di sekolah, namun juga mengajarkan Agama dan berbagai keterampilan demi menghasilkan anak – anak yang bermanfaat dan juga produktif.

Orang yang paling berpengaruh di desa ini adalah para orang tua dari anak – anak desa binaan kami itu sendiri. Namun juga ada beberapa pihak yang tidak kalah pentingnya dalam membantu kelancaran proses belajar dan mengajar di desa Kedaung yaitu Karang Taruna desa Kedaung dan juga EBIBAG sebagai partner kami yang berkolaborasi dalam membentuk taman baca di desa Kedaung.

Kondisi desa binaan di Tangerang Selatan (desa Kedaung) cukup memperhatikan bila dibandingkan dengan beberapa wilayah yang sudah terfasilitasi dengan baik. Untuk menuju desa ini, kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan rute yang mengarah ke Ciputat. Namun, untuk sampai ke lokasi desa binaan, kamu hanya bisa turun di depan gang kecil dan kemudian meneruskan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau bisa juga berjalan kaki kira – kira 1 km.

  • -6.31608570, 106.73934890
  • 79 Relawan disini
  • Direct Me
Avatar Ainna Fisabila
Avatar Anisa Nur Rahmah