Desa Tigamaya


Kp. Tigamaya, Desa Telaga Luhur, Kecamatan Waringinkurung adalah merupakan satu dari dua desa binaan dari ISBANBAN Chapter Kab. Serang. Daerah ini cukup terpencil karena jauh dari perkotaan dan tidak terlintasi jalan protokol, namun sebenarnya jarak tempuh ke pusat ibu kota Kabupaten Serang tidak terlalu jauh, hanya sekitar ± 12 KM, namun karena sarana infrastruktur desa yang menghubungkan Kecamatan Waringinkurung ke arah Kecamatan Taktakan Kota Serang terlihat kurang baik dan sarana transportasi sangat terbatas, maka kawasan ini disebut pelosok dan sedikit tertinggal. Karena keadaan inilah, Project Officer pertama dari chapter Kabupaten Serang, Tubagus Muhammad Syukron memilih desa ini sebagai desa binaan dari Isbanban Chapter Kabupaten Serang. Hal ini sesuai dengan visi dari Isbanban itu sendiri, yakni menjadi Youth Led-organization yang berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak-anak di pelosok desa Banten dengan berlandaskan potensi anak muda dalam berbagi kepedulian.

Pertama kali Isbanban datang ke desa ini sekitar bulan Mei 2014, saat itu kami tidak langsung dengan serta merta melakukan kegiatan pengajaran dan lain sebagainya. Kami terlebih dahulu melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan pemuda lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk sosialisasi mengenai Isbanban dan mengajak pemuda sekitar untuk ikut serta peduli dalam pendidikan di desa tersebut. Saat itu, kami dibantu oleh seorang tokoh pemuda desa tersebut, Kang Iiq (Panggilannya). Pemuda kelahiran Serang, 12 November 1992 ini bernama lengkap Hiri Ikhwani. Dia adalah ketua dari organisasi kemahasiswaan REISTI (Remaja Islam Tiga Maya). Beliau adalah salah satu sosok yang paling berperan dalam membantu setiap kegiatan Isbanban di desa tersebut. Hingga akhirnya kita bisa melaksanakan Grand Opening Isbanban Chapter Kabupaten Serang di desa Telaga Luhur pada bulan Oktober 2014. Dari awal sampai saat ini ia masih menjadi sosok yang paling berpengaruh dan berkontribusi besar bagi para relawan Isbanban Chapter Kabupaten Serang.

Setiap tempat tentu pasti memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Tak terkecuali Kp. Tiga Maya, desa Telaga Luhur ini. Desa ini memiliki keunikan yang beragam, antara lain ialah anak-anak disini sangat antusias terhadap ilmu agama. Sudah menjadi tradisi di Isbanban Chapter Kabupaten Serang, sebelum melakukan pengajaran di setiap minggunya anak-anak belajar baca tulis Al-Qur’an, kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan keinginan pribadi anak-anak. Dan juga sebagian besar mata pencaharian di desa ini adalah bertani dan berkebun. Dan yang paling khas di desa ini adalah emping dan buah kokosan. Pernah suatu ketika saat musim panen buah kokosan di desa ini, hampir setiap minggu para relawan mendapatkan kiriman buah kokosan dari warga sekitar dengan jumlah yang tidak sedikit. Bahkan hingga kami hampir tidak pernah pulang dengan tangan kosong selama musim panen tersebut. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sekitar cukup merespon dengan baik kehadiran kami di desa tersebut.

Berbicara mengenai akses jalan menuju desa tersebut, seperti dibahas di awal bahwasanya akses menuju desa ini minim sarana infrastruktur terutama pada pencahayaan jalan. Sehingga jika kita menuju ataupun pulang dari desa pada malam hari, kita hanya dapat mengandalkan cahaya lampu dari motor ataupun mobil yang kita kendarai. Selain itu, minimnya transportasi terkadang menjadi kendala bagi para relawan untuk datang ke desa tepat waktu, karena tidak semua relawan memiliki kendaraan pribadi. Tidak jarang para relawan berjalan kaki ataupun menumpang pada sebuah mobil pengangkut sayuran untuk sampai pada desa tersebut. Dalam perjalanan menuju desa, para relawan harus melewati jalan yang naik turun dengan kondisi yang berbatu dan berlubang. Namun lingkungannya cukup asri, sepanjang jalan banyak kebun-kebun serta pepohonan besar dan juga kita melewati satu sungai yang kerap ramai dikunjungi anak-anak desa tersebut untuk bermain air.

Seru kan ?, Ikuti keseruan lainnya Isbanban Chapter Kab.Serang dengan bergabung bersama kami menjadi relawan !!

  • -6.11129930, 106.07366570
  • 92 Relawan disini
  • Direct Me
Avatar Annisa Noviana Nurfadilah
Avatar Aulia Rachmayanti
Avatar Bahiirah Ulayya